Sabtu, 14 Januari 2023

Apex Legends Mobile, Apakah layak dimainkan?

 


Apex Legends adalah game Battle Royale FPS populer untuk PC dan juga konsol, dan karna kesuksesannya tersebut ditambah bertambah populer nya genre Battle Royale di dunia Mobile Gaming, Respawn Entertainment dan EA games melebarkan sayap mereka ke dunia Mobile Gaming dengan hadirnya Apex Legends Mobile.

Apex Legends Mobile, Apakah layak dimainkan?

Pada awalnya saya tidak menyangka kalau game sekompleks dan memiliki grafis tinggi bisa di buat versi mobile nya tanpa mengurangi gameplay experience secara keseluruhan, tapi mereka berhasil membuat versi mobile nya dari awal dan dengan konten yang hampir sama luasnya seperti versi original nya. Tentu saja versi mobile nya ini tidak luput dari bugs, glitch dan perfomance issue karena dijalankan di smartphone dan juga baru rilis kurang lebih satu tahun sejak artikel ini ditulis. 

Versi Lite Tapi Memiliki Keistimewaannya Sendiri


Seperti yang kita tahu, kalau Apex Legends Mobile adalah versi lebih ringan agar bisa berjalan di smartphone, tapi game ini memiliki konten eksklusif nya sendiri yang tidak ada di versi original nya, yaitu mode TDM atau Team DeathMatch. Hingga saat artikel ini ditulis, mode TDM tidak tersedia untuk versi PC tapi tidak menutup kemungkinan kalau TDM akan hadir di versi originalnya. Di mode TDM ini ada beberapa tipe, ada tipe 3v3 dengan penggunaan skill yang terbatas dimana match akan dibagi per ronde dan tiap ronde anda bisa membeli total skill yang bisa karakter anda gunakan di tiap ronde nya.

Ada juga Mode TDM tipe 6v6, di mode ini hanya berisi 1 ronde saja dengan kill limit default nya 40 kill, tim yang pertama mencapai max kill akan otomatis memenangkan game. Di semua mode TDM akan ada juga care package yang akan drop secara random di area map dan berisi senjata atau armor level tinggi, tapi jika anda sampai tereliminasi, armor anda akan tereset dan senjata dari care package akan drop dan bisa diambil lawan.


Tidak hanya mode match saja yang eksklusif di Mobile, ada juga Karakter yang hanya ada di versi Mobile nya dan tidak menutup kemungkinan juga akan rilis di versi original nya tapi untuk saat ini sampai artikel ini di tulis, karakter Fade dan Rhapsody hanya tersedia di Apex Legends Mobile. Memang secara mekanik, dua karakter ini tidak terlalu spesial tapi tetap saja cukup menyenangkan untuk dimainkan.

Fitur Yang Ditunggu Untuk Versi Mobile

Karna versi mobile ini adalah versi mini nya dari Apex Legends, ada beberapa fitur yang di cut dari original game nya, salah satu nya adalah MRVN. MRVN atau Mobile Robotic Versatile Entity Automated Assistance adalah karakter nonplayable atau npc yang tersebar di beberapa lokasi di map. Cara kerja MRVN sendiri sebenernya mirip dengan loot box biasa, beda nya MRVN bisa menjatuhkan 3 Legendary loot jika dipasangkan dengan MRVN arms, dan untuk mendapatkan MRVN arms ini anda harus mencari 5 MRVN dalam satu match dimana anda akan guaranteed bakalan dapet MRVN arms.

Tidak hanya itu, di Apex Legends original juga ada beberapa variasi dari zipline seperti rel zipline yang melengkung, Map yang lebih luas, dan juga Trident atau kendaraan yang bisa dinaiki 3 orang yang saat ini belum ada di Apex Legends Mobile.

Dan juga untuk senjata, di Apex Legends yang pertama kali mendapatkan update senjata baru seperti panah yang saat ini masih belum ada di Apex Legends Mobile nya. 

Gameplay Progression

Untuk game progression nya sendiri terasa tidak terlalu rewarding dan tidak terlalu punishing juga. Biasanya di game game sejenis, anda akan merasa diberikan banyak sekali rewards agar memanipulasi pemainnya untuk merasa "the choosen one" karna bisa mendapatkan banyak hadiah dan mendapatkan banyak sekali kill di beberapa match pertama. Tapi itu smua wajar karna kebanyakan game smartphone online saat ini, pemainnya diisi oleh bot. Di Apex Mobile anda tidak diberikan token gacha atau koin untuk ditukar dengan item gacha, melainkan apex pack yang bisa dibuka untuk mendapat kan 3 item random, dan juga apex pack shard yang bisa dipakai setiap 10 shard sebagai 1 apex pack.

Level Reward nya sendiri juga seperti kebanyakan game, dimana anda akan mendapatkan karakter base dan juga chest, tapi seiring dengan tinggi nya level, anda hanya akan mendapat 1 dari 2 hadiah saja, yaitu 1 apex pack atau flux yang mana dia adalah salah satu kurensi yang bisa ditukar untuk item kosmetik atau skin di flux store. Tapi jujur untuk flux ini terasa sangat mengganggu atau terlalu sedikit, karna di apex packs ada persentase anda akan mendapatkan flux sedangkan kebanyakan pemainnya hanya ingin item skin dan kosmetik saja. Tidak hanya itu, 100 flux itu setara epic persentase, sedangkan skin biasa yang rare (biru) setara dengan 2000 flux. artinya anda harus menghabiskan 20 persentase epic di apex pack anda, yang mana jika anda tidak mendapatkan flux di epic persentase tersebut, anda bisa saja mendapatkan 20 skin weapon atau skin karakter epic.

Walaupun dengan issue tadi yang cukup mengganggu. Apex Legends Mobile masih bisa dibilang Sangat Playable dibanding game online smartphone modern saat ini. Dimana setiap kosmetik hanya bisa didapat melalui seasonal side quest atau murni grinding untuk mendapatkan token. Di Apex Mobile anda hanya perlu memainkan game nya saja, tidak perlu grinding yang sangat berlebihan juga. Terlebih lagi tidak ada sistem menyedihkan seperti di PUBG dimana anda hanya bisa menyewa skin, dan harus membayar 3 kali lipat jika ingin memilikinya secara permanen. Ini sangat menyedihkan karna hanya 15k saja saya bisa membeli kolor asli yang bisa saya pakai, dibanding skin game hp online yang harus merogoh kocek sampe 130k dan hanya bisa dipakai selama game nya gak bangkrut.

Selama saya memainkan game FPS/TPS/Battle Royale di mobile phone, saya belum pernah nemu game yang sangat robust secara senjata, dan juga sangat dinamis di sisi komunikasi nya. Pertama dari sisi senjata, ada berbagai macam senjata dan juga tipe gameplay nya, keren nya lagi senjata nya ini memiliki cara kerja berbeda walaupun dengan tipe yang sama. Contohnya LMG , disini tidak hanya memiliki LMG tipe biasa yang dipakai untuk menembak musuh dengan membabi buta, tapi ada juga variasi LMG yang dipakai untuk melelehkan armor musuh dengan spread shot nya, ada juga tipe LMG yang berbentuk pistol yaitu wingman yang memiliki spread shot layaknya shotgun tapi masih menggunakan peluru LMG, ada juga yang mirip Sniper tapi masih LMG. Bahkan untuk tipe Sniper nya pun ada 3 jenis, satu longbow dimana anda bisa spam shot walaupun masih dalam mode aim sight atau kokang, ada juga sniper tradisional kokang tiap kali 1 tembak. Ada juga Sniper yang cara kerja nya seperti ray gun, dimana dia akan spread shot untuk beberapa saat sampai peluru aslinya keluar. SMG nya juga ada beberapa tipe seperti SMG tradisional yang spam shot, ada juga yang single shot, ada juga SMG yang mirip LMG. Untuk tipe shotgun juga tidak jauh berbeda, ada pistol shotgun, spread shotgun, ada juga longbow shotgun.


Dan tipe senjata yang paling istimewa menurutsaya adalah Energy gun. Energy gun juga memiliki berbagai variasi senjata, volt yang memiliki spam shot mirip SMG, Longbow yang mirip dengan Sniper, ada juga Havoc yang memerlukan waktu delay untuk menembakan peluru nya, tentu anda juga bisa mengupgrade senjata anda, jadi hal hal minor seperti delay di Havoc akan menurun jika dipasang dengan item turbo charger yang bisa anda temuka di penjuru map. Senjata favorit saya adalah Deviation Energy gun, senjata tipe Energy yang memiliki delay mirip havoc tapi beda nya deviation akan memiliki rate fire yang sangat tinggi hingga peluru di magazine nya habis.

Di segi komunikasi nya ini yang paling unik dan belum saya temukan di game lain, mungkin mirip di call of duty mobile tapi di Apex Mobile, komunikasi nya sangat penuh dengan personality dan membuat karakter nya serasa hidup. Karakter anda akan otomatis memberitahu semua tim anda jika anda menemukan loot epic, atau ketika anda kill musuh, karakter anda juga akan trash talking atau flexing di komunikasi nya sesama tim anda atau ketika menggunakan skil tactical karakter anda juga akan memberikan informasi di komunikasi nya. 

Awalnya saya tidak terlalu nyaman bermain dengan mode Third Person karna terbiasa memainkan Apex Legends yang menggunakan mode First Person. Tapi ternyata cukup seru juga  menggunakan mode Third Person, anda memiliki informasi lebih banyak dengan luasnya penglihatan anda, dan juga anda bisa melihat animasi keren dari belakang ketika karakter anda melakukan sesuatu, seperti sliding, scan beacon, atau bahkan ketika menggunakan tactical.

Musik Yang Mengagumkan

Stephen Barton benar benar seorang komposer musik yang jenius, semua musik nya sangat cocok dengan keseruan Battle Royale futuristik dari Apex Legends. Walaupun masih mengambil musik dari versi original nya, kesan mewah dan eksklusif nya masih terasa. Musik lobby yang memberikan alunan lambat dan kemudian sedikit demi sedikit mulai menggebu gebu. Hingga musik ketika pertandingan segera dimulai dengan musik "You Are The JumpMaster". Tak hanya menggambarkan betapa garangnya tim anda sebelum memasuki pertandingan, tapi musik ini juga merupakan  musik ketika anda akan landing di map. Kesan Misterius namun Bergejolak semangat untuk menang sangat berasa di musik ini.  

Kesimpulan

Apex Legends Mobile secara keseluruhan memang bukanlah game smartphone yang terbaik atau sempurna. Game nya memiliki issue nya sendiri dan kebanyakan dari perfomance issue. Tapi dibalik issue tersebut, Apex Legends Mobile tidak terasa terlalu aggresif di sisi gameplay experience nya, memang mereka masih sering munculin banner gak jelas setiap kali kita login, tapi walaupun tanpa item yang mereka promosikan, anda masih bisa bermain lebih pro dibanding orang yang membeli item tersebut. 

Walaupun game nya sangat kompleks, memang enggak keliatan "fair" karna karakter nya memiliki skill nya sendiri dan juga ultimate yang bisa membalikan keadaan secara drastis dibanding PUBG atau Free Fire yang sangat plain. Tapi dibalik itu semua, game nya terasa sangat fair, selama saya memainkan game ini, jarang sekali saya merasa tidak terima jika kalah, karna memang musuh nya saja memiliki skill yang lebih tinggi dibanding saya. Di Apex, tidak hanya skill saja yang menjadi kunci memenangkan setiap pertarungan, tapi positioning, reflek aim, koordinasi sesama tim juga jadi kunci yang sangat krusial.

Singkatnya, saya merasa Apex Legends Mobile sangat fair, sangat playable untuk long term karna jika anda membeli battle pass saja, anda bisa memiliki free battle pass untuk season selanjutnya jika mencapai level 50 di tiap season nya. Mekanik nya seru, senjata nya sangat robust, variasi gameplay dan kombinasi main bersama teman se tim. Saya dengan percaya diri bisa mengatakan kalau Apex Legends Mobile adalah game Battle Royale Terbaik saat ini di dunia Mobile Gaming.

Sampai sini saja teman teman, artikel ini saya tulis hanya berdasarkan opini saya saja, dan bukan berarti setiap opini yang saya tulis adalah absolut. Saya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman saya memainkan game nya selama 1 bulan dan beberapa aspek faktual lainnya yang membuat saya sangat menyukai game ini. Itu saja untuk saat ini, see you next time.

0 comments:

Posting Komentar

Postingan Populer

Terbaru

Top 5 MERGING GAME For Android

Merging Games is kinda subgenre of Arcade, it's all about completing tedious task in a big board, but with merging items mak...