Sabtu, 14 Januari 2023

Rekomendasi Game RPG Turn Based untuk Android part 1

 


    Game turn based adalah salah satu sub genre dari game bergenre rpg. Terkenal karena mekanik nya yang memerlukan ekstra waktu yang lebih lama dari genre yang lain, justru malah memberikan kesan adiktif yang digemari banyak gamers. Kali ini saya akan merekomendasikan Game RPG Turn Based di platform android bagian pertama.

Perlu diingat, saya tidak merekomendasikan anda untuk memainkan game game dibawah ini dalam jangka panjang, karena game game mobile modern 98% menggunakan strategi "Aggresive Monetization" dimana game nya akan memancing player nya di level level awal bermain dengan memberikan sejumlah hadiah (seperti mendapatkan karakter atau item bintang 5, atau memberikan sugesti bahwa anda itu beruntung karna sudah memainkan game nya padahal tidak ada keberuntungan sama sekali), terlalu banyak kurensi atau mata uang dan biasanya untuk mengecoh pemainnya agar terus mengumpulkan kurensi tersebut agar ada "sesuatu" yang bisa dimainkan atau tetap membuat pemainnya bermain game selama mungkin. Tapi untuk jangka pendek atau hanya bersenang senang saja, saya sangat merekomendasikan game game dibawah ini asalkan anda tau batas dan kapan harus berhenti bermain.

Game RPG Turn Based dimainkan secara bergiliran, dan di sebagian besar judul game ada yang sampai memberikan alur siapa saja yang mengambil turn atau giliran. Game Turn Based Modern biasanya menggunakan sistem 4 elemen klasik, yang biasanya 3 elemen diantaranya memiliki hubungan weak / resist satu sama lain dan 1 elemen ekstra dimana elemen ini berpengaruh secara universal. Ada juga game turn based yang jauh lebih kompleks dengan menggunakan sistem elemen yang lebih banyak dari 6 elemen dan hubungan weak / resist nya dijadikan dinamis. Biasanya Game Turn Base klasik menggunakan 3 sistem, dimana serangannya dibagi menjadi 3 jenis yaitu attack, defend dan magic. Dari sini sudah ada ya sedikit gambaran kenapa game Turn Based mempunyai tempat yang spesial di kalangan gamers, langsung saja berikut adalah rekomendasi Game Turn Based RPG versi kami. Catatan: list dibawah ini bukan berdasarkan ranking, jadi bisa saja nomor 10 kualitasnya lebih bagus dibanding nomor 3 dsb.

1. Dyslite


Dyslite adalah game Turn Based RPG Online yang menggunakan mekanik 4 elemen, dengan 3 elemen utama Inferno, Wind dan Flow. Dan 1 elemen ekstra yaitu shimmer. Pertama yang kita bahas adalah sisi positif dari game ini, dan yang paling menonjol adalah musik nya. Musik di game ini bisa dibilang sangat berkualitas dan tidak main main untuk sekelas game gratis di mobile phone. Karena game Turn Based menghabiskan sebagian besar waktu nya di dalam match, jelas pemain juga perlu musik yang tetap menggugah semangat dan nyaman ngeliat hero hero yang sedang bertarung dengan jurus jurus yang berwarna. Tidak hanya itu, game ini benar benar memaksimalkan potensi musik mereka dengan menambah mini game yang berbentuk game ritmik.



Yang kedua adalah karakter karakter nya. Di game ini setiap karakter nya disebut dengan esper, jumlah nya cukup banyak dan design nya sangat berbeda satu sama lain. Ini adalah hal yang bagus karena karakter yang menonjol dan mempunyai ciri khas tersendiri dapat membekas di hati pemainnya. Karakter nya sendiri memiliki animasi nya sendiri ketika menggunakan jurus khusus, dan trigger animasinya sendiri secara acak. 


Sekarang mari kita bahas sisi negatif nya, game ini adalah tipe game free to play mobile game, dan sudah pasti tak akan luput dari bisnis model gacha. Untuk pengumpulan token gacha nya sendiri bisa dibilang cukup pelit dibanding game game lain, disini kamu harus hampir selesain chapter 2 dulu buat bisa 10 kali ngepull gacha. Untuk gacha rate nya sendiri lebih mendingan dibanding game game lain yang jelas terlalu pelit, tapi tetap saja apapun game nya kalau pakai bisnis model gacha tetap tidak sehat.

Yang kedua adalah UI nya. Untuk UI nya sendiri cukup aneh, menggunakan mode portrait dengan 3 bagian animasi menu utama dan ada bar menu lagi paling bawah. Saya selalu terkecoh ketika mau ganti menu animasi utama dengan ngeklik menu dibawah karna memang menu dibawah ini harusnya jadi indikator buat kita ada di menu bagian mana. Yang terakhir mungkin overall gameplay nya yang cukup annoying, dialog yang gak menarik, terlalu banyak distraksi atau gangguan di bagian mini game ritmik nya, ada sistem auto combat tapi gaada sistem multiple battle, karena ini game online free to play gacha, ada sistem baterai atau charge dimana setiap mau battle itu menghabiskan sekian charge tergantung dari level nya. Dan charge nya ini sangat banyak dan terkesan seperti memaksa player nya untuk grinding tanpa habis. Sistem auto combat dan fast forward yang seharusnya jadi nilai plus pun ini malah jadi nilai minus nya di game ini. Kenapa? Mode auto combat nya terlalu generik, dan terlalu relevan untuk dipakai bahkan untuk level level dengan musuh diatas level karakter kita, sehingga player selalu lebih memilih menggunakan auto combat dibanding combat turn based manual. Hal ini membuat player nya merasa cepat bosan dan pengen cepet cepet berhenti main.

Itu saja mungkin, overall game ini layak untuk dicoba jika anda suka dengan game rpg turn based yang autentik dan juga memiliki segi artistik keren dengan musik musik edm yang membuat kita lebih terpacu untuk bermain.

2. Shin Megami Tensei Liberation Dx2


Untuk game yang satu ini mungkin terdengar familiar di telingan fans fans jrpg. Yap betul sekali, game ini termasuk salah satu keluarga dari franchise legendaris Shin Megami Tensei. Gameplay nya juga masih membawa ciri khas game game shin megami tensei dengan basis 6 elemen dan juga attack status seperti resist, drain, repel, block dsb. Secara core gameplay nya sendiri, game ini sangat menyenangkan, seru dan adiktif. Untuk flow combat nya juga masih menggunakan ciri khas game SMT modern dengan block system, dimana setiap hero diberi 2 block giliran dan jika seranganmu memberikan damage critical atau mengenai titik elemen kelemahan lawan, kamu bisa mendapatkan satu giliran ekstra di tiap block nya. System ini benar benar memberikan ruang untuk pemainnya bereksperimen dengan mencampur setiap kombinasi jurus yang bisa membuat pemain nya puas dengan hasil akhir permainannya.

Tak hanya itu, di game ini juga terdapat banyak sekali karakter karakter yang bisa kita dapatkan baik melalu reward ataupun gacha. Karakter disini disebut dengan demon, sama seperti kebanyakan game SMT. Untuk gacha rate nya sendiri sangat forgiving untuk pemain gratisan. Saya bermain sejauh ini sudah punya kurang lebih 10 demon dengan bintang 5 tanpa keluar uang sepeserpun. Di game ini juga memiliki banyak sekali fitur dan mode game lain yang berbeda sekali dengan mode utama nya. Biasanya di game game mobile sejenis, diberi beberapa mode tapi isinya benar benar identik, seakan akan mode lain tersebut hanya sebatas alat grinding tambahan. Disini ada beberapa mode yang bahkan memiliki inventory demon nya sendiri sendiri atau terpisah dengan main inventory kita. Tak hanya itu, di game ini juga diberi opsi ranked games yang cukup cepat terbuka, yang biasanya di beberapa games harus memaksimalkan level akun agar bisa bermain melawan player lain.

Untuk sisi negatifnya, pertama game ini memiliki kelemahan besar di UI nya. Design UI nya ini terlalu bersesakan dengan menu lain, mungkin ini kebiasaan kultur jepang yang memang media sana kebanyakan seperti itu. Dan ketika kita mau menavigasi ke menu tertentu kadang kita tersesat atau lupa tadi mau buka menu apa. Kedua, game ini terlalu forgiving. Terlalu banyak hadiah dan item item yang banyak sehingga sudah cukup sulit untuk di manage. Walaupun menggunakan sistem energi seperti kebanyakan game rpg online di mobile, justru kelemahannya lebih terasa di level design nya. Untuk pemberian level lawan nya terkadang tidak masuk akal, dan kita harus menguras otak memilih antara grinding level atau grinding demon yang memiliki skill counter. Tapi secara keseluruhan, game ini bisa dibilang menjadi salah satu game gacha online rpg terbaik dan layak di mainkan di platform mobile.

3. Chaos Rings 3


Chaos Rings adalah franchise turn based RPG buatan square enix yang hanya dirilis eksklusif untuk platform mobile dan sempat dirilis juga untuk PsVita. Game ini adalah game RPG berbayar dan belum ada update hingga saat ini yang memberikan adaptive UI untuk android atau Ios versi terbaru, sehingga secara grafis dan tampilan game nya tidak akan mengikuti layar sebagian besar smartphone modern.

Untuk gameplay nya sendiri menggunakan sistem free roaming tapi masih terasa sangat linear, level design untuk free roamingnya juga agak absurd juga terasa clunky dan minim clue atau biasa disebut "dead end" level. Di bagian combat nya sendiri menggunakan sistem tradisional 6 element yang unik, dimana untuk beberapa skill dapat mengcounter satu sama lain. Ice <-> Fire ; Earth <-> Bolt (orange); Light (yellow) <-> Dark (purple). Dan juga game ini memiliki sistem semacam summon makhluk buas yang mereka sebut gene, dan sistem ini berlaku sebagai skill, jadi tidak terlalu menarik.

Overall secara gameplay experience tidak terlalu berkesan, Cerita nya yang generik, anak muda yang berpetualang bersama adik perempuannya dan juga ayahnya adalah seorang hero kuat yang menghilang secara misterius. Untuk progressionnya sangat tidak begitu menyenangkan, menggunakan sistem UI untuk berpindah tempat, misal jika anda ingin pergi ke shop atau penjual, anda akan memilih menu terlebih dahulu kemudian memasuki area freeroam yang sangat terbatas.

Satu hal positif dari game ini adalah tidak terlalu bergantung pada gacha, anda bisa menelusuri perkembangan cerita (jika anda tahan dengan cerita nya yang membosankan). Animasi nya juga sangat fluid, sangat kerasa premium (wajar karna game berbayar).

4. Lord of Heroes: Anime Games



Jujur saya merasa bingung kenapa tidak ada orang yang merekomendasikan game seauthentik ini ketika mencoba mencari referensi tentang game RPG Turn Base terbaik di smartphone. Game satu ini terasa sangat estetik dengan animasi dan juga 2d Art nya yang mengagumkan layaknya game anime Berbayar.

Hal hal bagus yang paling saya suka adalah artstyle nya, sangat unik dan memiliki ciri khas tersendiri dan juga memberikan personality lebih dalam ke karakter karakter nya. Animasi bertarung nya juga cukup fluid dan gameplay secara per level bahkan chapter 3 masih forgiving, artinya anda tidak perlu grinding mati matian buat tetap memainkan alur ceritanya.

Tapi seperti kebanyakan game smartphone, terlebih lagi free to play online game, sudah menjadi standar modern harus ada gacha dan kurang lebih 10 kurensi atau mata uang termasuk token gacha. Untuk gacha nya sendiri saya tidak bisa pull 10x lebih dari 2 kali karna game ini sangat pelit untuk memberi token gacha secara gratis. Tapi walaupun begitu game ini masih memperbolehkan anda untuk tetap memainkan game nya tanpa grinding berlebihan, setidaknya sampai chapter 3.

UI nya sendiri juga agak absurd dengan homescreen yang bisa di swipe dan juga tampilan hero nya menggunakan full preview tapi ketika mengganti hero nya dia menggunakan vertical swipe. Karakter nya juga ada variasi nya, jadi 1 karakter bisa ada versi elemen lain, contohnya karakter tupai yang bisa didapat setelah menyelesaikan level 3 di chapter pertama, dia punya elemen hijau atau earth, jika anda cek di menu karakter, dia memiliki 2 versi lain yaitu api (fire) dan air (water).

Dari segi gameplay mechanic, game ini menggunakan format tradisional 5 tipe, yaitu fire water dan earth yang bisa dicounter respectively, dan 2 tipe ekstra yaitu dark dan light. Di tiap levelnya akan ada 3 wave dimana setiap selesai mengalahkan wave, caster akan di reset jadi jika anda mengalahkan wave pertama dengan karakter urutan ke dua, di wave berikutnya karakter yang pertama kali cast bukanlah karakter ke tiga melainkan balik lagi ke karakter pertama. Hal ini tentu saja bisa membebani karakter pertama dan sangat mendorong playernya untuk menyetarakan level tiap karakter nya.

5. Exos Heroes

Yang terakhir di part pertama ini adalah Exos Heroes, game buatan salah satu kreator sosial media LINE. Game ini termasuk game buatan developer asal korea selatan, sama seperti Lord of Heroes. Dua dua nya memiliki kesamaan yaitu artstyle yang sangat unik, dan combat animasi nya yang sangat keren.

Untuk kelebihannya tidak jauh berbeda dengan Lord of Heroes, sama sama memiliki karakter yang vibrant dan penuh personality. Gacha yang amat pelit, dan side quest yang sangat banyak bahkan terlalu banyak. Tapi game ini memiliki satu fitur yang tidak dimiliki semua game lain di list ini, yaitu auto grinding. Yep, mirip seperti black desert, dimana anda akan diminta log off atau menutup aplikasi sehingga akun anda secara cloud akan grinding exp dan ketika sudah selesai, anda akan mendapatkan notifikasi sendiri.

Hal yang secara pribadi saya kurang suka adalah UI dan game progression nya. Untuk berpindah ke level selanjutnya, anda harus menggerakan mini karakter anda ke tempat berikutnya, dan ini terkesan sangat membuang waktu dan tidak menyenangkan sama sekali, memang ada fitur auto follow quest tapi tetap saja, design decision nya ini sangat tidak nyaman untuk dimainkan berlama lama.

Untuk total karakter nya juga sangat banyak, bahkan terlalu banyak, sama sama menggunakan konsep multiple version dimana satu karakter bisa memiliki versi dengan elemen lain untuk karakter dibawah bintang 4.

Itulah Rekomendasi Game RPG Turn Based untuk Android bagian pertama, stay tune untuk bagian kedua ya, thank you so much udah baca sampai sini, see you next time.

0 comments:

Posting Komentar

Postingan Populer

Terbaru

Top 5 MERGING GAME For Android

Merging Games is kinda subgenre of Arcade, it's all about completing tedious task in a big board, but with merging items mak...